Daftar Barang Bawaan yang Wajib Disiapkan di Tas Melahirkan

Kehamilan dan melahirkan merupakan salah satu fase yang paling dinantikan oleh sebagian besar pasangan suami istri. Maka, tidak heran dalam proses persiapan persalinan setiap pasangan memiliki kecemasan tersendiri, terutama jika berhubungan dengan kelancaran dan keselamatan ibu serta bayi yang dikandungnya. Beberapa pasangan pun sebisa mungkin telah dari jauh hari sudah melakukan beragam persiapan salah satunya dengan menyiapkan tas yang nantinya akan dibawa ke rumah sakit saat waktu bersalin tiba.

Meski begitu, kadang kala barang bawaan yang sudah dipersiapkan dengan matang bisa saja tidak lengkap atau justru terlalu banyak. Hal ini justru membuat beberapa item penting malah terlewat dan justru menyulitkan Anda saat nantinya dibutuhkan. Untuk meminimalisir hal tersebut, yuk simak daftar barang bawaan yang harus disiapkan untuk memenuhi kebutuhan selama proses bersalin sebagai berikut

● Kartu identitas

Apapun alasannya, pastikan Anda selalu membawa kartu tanda penduduk kemanapun Anda pergi. Tidak hanya sebagai kartu identitas saja, KTP menjadi salah satu syarat utama ketika kita mendaftarkan diri untuk menerima perawatam disebuah Rumah Sakit. Untuk itu, seharusnya kartu identitas tetap berada di dalam dompet dan pastikan Anda membawanya ketika kondisi darurat. Sebagai tambahan, Anda juga dapat mempersiapkan fotokopi kartu identitas sebanyak beberapa lembar mengingat beberapa proses pendaftaran masih menggunakan cara manual.

● Dokumen penting lain

Selain kartu identitas, terdapat beberapa dokumen penting lainnya yang harus Anda persiapkan dari jauh hari agar tidak terlewat. Diantaranya seperti dokumen asuransi untuk pengajuan klaim hingga berkas pemeriksaan dari konsultasi dengan dokter sebelumnya. Ketersediaan dokumen tersebut di dalam tas tentu akan mempermudah Anda selama proses administrasi.

● Alat mandi

Tetap menjaga kebersihan diri selama menanti kelahiran, Anda juga tetap harus menyediakan alat mandi yang bisa digunakan di dalam kamar perawatan. Gunakanlah botol-botol yang berukuran kecil dengan takaran sesuai dengan kebutuhan agar tidak memakan ruang di dalam tas. Dengan membawa dan menggunakan alat mandi sendiri, tentu Anda akan lebih sehat dan terhindar dari tertularnya penyakit akibat berbagi alat mandi dengan pasien lain.

● Bra menyusui dan pembalut khusus nifas

Salah satu barang penting yang harus masuk dalam daftar barang bawaan, yakni bra khusus ibu menyusui dan juga pembalut khusus untuk kondisi nifas atau pasca melahirkan. Untuk bra menyusui, Anda bisa menyediakan setidaknya 2 bra dikali jumlah hari selama berada di Rumah Sakit. Selain untuk cadangan, umumnya bagi Ibu yang baru menyusui jumlah cairan ASI yang dihasilkan cukup banyak sehingga Ibu tentu merasa tidak nyaman jika bra yang digunakan basah oleh ASI. Sedangkan pembalut khusus nifas umumnya sudah disediakan oleh pihak Rumah Sakit, namun tidak ada salahnya jika Anda menyediakan pembalut cadangan lebih banyak, mengingat intensitas penggunaannya akan jauh lebih sering.

Itu dia beberapa barang bawaan wajib yang harus Anda bawa di dalam tas. Pastikan Anda selalu berkonsultasi dengan dokter dan bidan terbaik seperti tim dari RS Pondok Indah seperti pada link berikut https://www.rspondokindah.co.id/id/center-of-excellence/klinik-kebidanan-dan-kandungan, yang menyediakan layanan lengkap dan terpercaya sejak proses perencanaan kehamilan hingga pasca melahirkan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.