5 Penyebab Nyeri Tulang Panggul yang Paling Sering Dijumpai

tulang panggul,tulang pinggul,tulang pelvis,tulang panggul adalah,bagian tulang panggul

Pernahkah Anda merasakan sensasi nyeri atau sakit di area panggul? Kondisi ini tidak bisa dianggap sepele karena sebenarnya bisa berkembang lebih parah dan menghambat mobilitas Anda. Bahkan beberapa orang perlu melakukan tindakan operasi pada tulang panggul karena masalah tersebut. Tentunya kondisi nyeri panggul ini tidak muncul begitu saja tetapi ada beberapa faktor yang memicunya.

Pemicu Nyeri pada Panggul

Sebaiknya Anda pahami dulu apa yang menjadi faktor penyebab munculnya nyeri pada panggul. Jika sudah dipahami penyebabnya maka akan jauh lebih mudah untuk mencari solusi yang tepat. Berikut ini adalah 5 penyebab nyeri panggul yang paling sering dijumpai di masyarakat:

1. Radang Sendi

Faktor pertama yang bisa menjadi penyebab nyeri di bagian panggul adalah radang sendi atau arthritis. Ini merupakan kondisi dimana terjadi peradangan pada bagian sendi. Jika disebabkan oleh radang sendi, maka rasa nyeri biasanya akan muncul di awal pergerakan. Misalnya saat duduk terlalu lama kemudian berdiri. Biasanya saat berdiri inilah muncul rasa nyeri di area panggul.

2. Patah Tulang Panggul

Nyeri di area ini juga bisa muncul akibat patah tulang panggul. Tentu secara logika bisa disimpulkan bahwa kondisi patah tulang pasti akan memicu munculnya reaksi nyeri atau sakit. Biasanya untuk kondisi seperti ini, nyeri akan menetap dan pasti tidak akan hilang jika belum ada tindakan bedah atau operasi untuk menyatukan kembali tulang yang patah.

3. Inflamasi Otot

Faktor lain yang bisa memicu munculnya nyeri pada panggul adalah inflamasi otot. Tentu saja yang dimaksud di sini adalah otot pada bagian panggul. Jika terjadi inflamasi atau peradangan maka secara otomatis akan muncul nyeri. Nyeri ini bisa muncul dengan intensitas yang ringan dan akan bertambah berat seiring dengan berjalannya waktu.

4. Cedera

Nyeri di panggul juga bisa disebabkan oleh cedera. Biasanya cedera ini terjadi pada bagian saraf yang menyebabkan saraf terjepit. Pada kondisi seperti ini, dokter biasanya akan melakukan beberapa tindakan dan salah satunya adalah terapi. Selain itu, dibutuhkan proses dan kesabaran dari pasien agar kondisi cedera bisa pulih dan rasa nyeri hilang.

5. Kelainan Jaringan

Nyeri panggul juga bisa dipicu oleh adanya kelainan jaringan baik itu jaringan pembuluh darah maupun jaringan lemak. Hanya saja kondisi seperti ini paling jarang ditemui dibandingkan faktor penyebab lainnya. Jika memang terjadi kelainan pada jaringan, maka dokter perlu melakukan pemeriksaan penunjang yang lengkap.

Pengobatan nyeri panggul ini tentu saja harus disesuaikan dengan faktor yang menyebabkannya. Anda juga sebaiknya mempersiapkan biaya hip replacement sesuai lokasi rumah sakit yang dipilih. Jangan lupa, lakukan konsultasi dan pemeriksaan lengkap terlebih dahulu dengan dokter spesialis untuk memastikan tindakan perawatan yang tepat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.