5 Keahlian Yang Harus Dimiliki Seorang Akuntan Pada Saat Bekerja Di Rumah

 

Dalam aktivitas kehidupan sekarang ini, tampaknya tidak terlepas dari informasi teknis. Perkembangan teknologi informasi telah membawa banyak manfaat besar dalam bidang pendidikan, industri, jasa dan perdagangan. Perusahaan yang mengabaikan perkembangan teknologi ini semakin tertinggal dan mungkin berada di ambang kehancuran.

Jenis kemajuan teknologi yang umum adalah perangkat lunak akuntansi yang saat ini juga banyak dipakai oleh kantor akuntan publik. Pembukuan sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari sehingga tidak ada bisnis yang tidak memerlukan akuntansi tahunan.

Penggunaan software akuntansi ini tidak hanya mendukung perkembangan perusahaan, tetapi juga membantu mendukung karyawan yang terlibat, termasuk akuntansi itu sendiri. Berikut rangkuman beberapa keterampilan yang harus dimiliki seorang akuntan selama WFH.

1) Menguasai Teknologi

Teknologi tidak hanya mengubah setiap pekerjaan. Teknologi itu sendiri berubah dengan cepat. Sebaliknya, berharap untuk menggunakan alat yang sama untuk 10 tahun ke depan. Akuntan saat ini harus siap menerima teknologi baru setiap tahun. Ini membutuhkan pengembangan fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi yang berkelanjutan, serta pemahaman dasar tentang teknologi itu sendiri. Keterampilan akuntansi berkembang di sini.

2) Kreativitas

Mungkin hanya sedikit orang di masa lalu yang menginginkan akuntan “kreatif”. Tetapi ketika sebuah perusahaan perlu dengan cepat mengidentifikasi peluang dan mengurangi risiko. Menggabungkan kreativitas dengan pemahaman mendalam tentang kemampuan keuangan perusahaan, akuntan pasti akan memecahkan masalah keuangan dan non-keuangan yang kompleks dengan cara yang lebih cepat dan hemat biaya.

3) Keterampilan Komunikasi

Akuntan perlu mulai memperoleh keterampilan komunikasi yang kuat dan keterampilan berpikir kritis dan menerjemahkan ide-ide tersebut ke dalam dokumen yang mudah dipahami. Ini juga membutuhkan keterampilan komunikasi verbal yang kuat. Misalnya, kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi keuangan yang relevan kepada manajemen dan pemangku kepentingan.

4) Pemahaman Bisnis

Memahami angka tidak cukup untuk berkontribusi pada bisnis di tingkat strategis. Akuntan juga perlu memahami bisnis secara keseluruhan. Untuk memberikan opini pada direksi, Anda memerlukan pemahaman yang komprehensif tentang bagaimana setiap area fungsional berkinerja terbaik untuk mencapai hasil terbaik. Namun, tidak seperti saat ini, perusahaan juga menginginkan akses ke data perkiraan.

5) Analisis Data

Saat ini, akuntan membutuhkan pengetahuan tentang bagaimana mengubah big data dalam aktivitas akuntansi menjadi informasi akurat yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan bisnis. Banyak perusahaan besar sudah memiliki akuntan dan ilmuwan data di posisi inti mereka. Pengelolaan data menjadi sangat penting terlebih kamu akan bekerja dari rumah yang mana komunikasi secara langsung bisa terhambat. Orang yang memiliki kemampuan analisa data yang kompeten akan sangat membantu perusahaan.

Itu dia keterampilan yang harus dimiliki seorang akuntan apabila ingin bekerja dari rumah. Saat ini perusahaan akuntan mencari kandidat dengan keterampilan tersebut di atas apabila mereka memberlakukan sistem WFH. Pada Online assessment yang mereka adakan juga terdapat soal yang menanyakan keahlian tersebut di atas.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.